Minggu, 20 November 2011

Hard Fingering - Extrime Style Fingering

Sebenarnya istilah "Hard Fingering" adalah istilah yang saya ciptakan sendiri karena latihan senam jari ini sangat berat (hard) menurut saya dari pada senam jari biasa. Karena kita harus menggunakan karet gelang (karet yang biasa buat bungkus nasi) untuk di ikatkan ke jari anda.

Lohhh....apa gunanya, apa tidak berbahaya? menurut saya latihan ini memang lebih di khususkan untuk yang sudah tahap berkembang. Jadi, ini sangat berguna agar jari-jari kita semakin kuat dan mampu menjangkau fretboard gitar maupun tut keyboard dengan maksimal.

Caranya adalah kita ambil 1 karet dan ikatkan ke semua jari (kecuali ibu jari) dengan melingkarkan karet ke masing-masing jari kita membentuk angka 8 jika dari telunjut ke jari tengah dan begitu seterusnya. Namun jangan juga terlalu memaksakan atau terlalu lama dalam berlatih menggunakan cara ini, karena mungkin saja syaraf tangan kita tidak kuat menahan tarikan karet terlalu lama.

Lakukanlah secara kontinyu tiap hari maksimal 15 menit saja, kalau terlalu lama saya tidak bertanggung jawab atas apa yang terjadi dengan jari anda. Saya sendiri sering latihan dengan menggunakan cara ini dan hasil yang saya rasakan adalah jari saya terasa lebih bertenaga dan lebih lincah saat karet tersebut di buka.

Sesudah beberapa minggu cobalah beri spasi (telunjut di fret pertama, tengah di fret ke tiga dan seterusnya), mungkin ini sangat berat tapi bentangan jari sangat di butuhkan jika anda suka dengan permainan akord-akord yang difficult seperti akord-akord dalam musik jazz. Anda juga bisa menambah karet menjadi dua atau tiga jika di rasa satu karet sudah mudah bagi anda.

Sekian dari saya semoga artikel ini menginspirasi anda untuk berlatih hard fingering seperti yang sudah saya terangkan di atas. saya tidak bermaksud menggurui hanya berniat berbagi apa yang saya tau. salam \m/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar