Selasa, 15 November 2011

4 Not Sejuta Rasa

Sebenarnya artikel ini saya ambil dari keterangan seorang temen gitaris yang menuliskan idenya di salah satu forum gitar, karena ini unik (menurut saya) jadi saya rasa hal semacam ini harus di ketahui oleh orang banyak.
Tujuannya adalah selain membuka mata dan pikiran tentang gitar, artikel seperti ini juga bisa menjadi inspirasi bagi orang yang masih atau belum memiliki pandangan.
Berikut tulisannya :

Pada tulisan ini saya akan bagikan lagi sedikit ilmu yang saya turunkan sendiri entah mungkin sudah ada di belahan bumi sebelah mana, tapi yang jelas saya memperolehnya dari pengalaman saya. Tahukan Anda bahwa dari 12 not yang ada, terdapat 4 buah not yang sangat spesial menurut saya. Siapa mereka?

Ini dia jawabannya, mereka adalah si F, si Bes/A#, si C, dan terakhir si Es/D#. Tanpa disadari mereka memiliki keistimewaan. Berikut adalah keistimewaannya, pernahkan Anda bermain musik pada nada dasar do = F, do = Bes, do = Es, do = As, do = C#? Jika diperhatikan ke empat not tadi dapat digunakan di semua nada dasar yang baru saja saya sebutkan. Hal ini sangat menolong saya, dulu saat saya berimprovisasi, saya memanfaatkan keberadaan keempat nada ini. Selain itu, keempat nada ini juga cocok untuk dibuat arpeggio atau rall.

Untuk latihan dan bahan pertimbangan (menggunakan piano atau alat musik yang memungkinkan untuk melakukan hal ini :P ), coba Anda mainkan nada F-Bb-C-Eb(arpeggio ataupun rall) pada tangan kanan, sedangkan tangan kiri Anda bermain pada chord-chord F, Bb, Eb, A#, C# (coba dengan membunyikan bassnya saja). Akan terdengar rangkaian keempat not tadi yang indah dengan ke’khas’an bunyi tersendiri di setiap kombinasi bass dengan uraian nada yang dimainkan. Selamat mencoba. Semoga bermanfaat. Sekali lagi, ini murni saya turunkan sendiri dari pengalaman saya malang melintang di dunia musik. Apabila ada teori yang lebih jelas yang menjelaskan mengenai ini, bisa ditambahkan sebagai masukan kepada saya. Trim’s.
Itulah sebuah pernyataan dari salah seorang gitaris indonesia hehee...bagaimana pandapat anda??? yang pasti saya hanya coba menyalurkan ide dari sang penulis. Just for share n \m/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar