Selasa, 01 November 2011

Apa itu Fals?

Apa itu Fals? apakah anda sudah tau arti istilah dari kata fals dalam dunia musik? anda yakin? Di sini saya coba membahas tentang  istilah fals yang sudah tidak asing di telinga sobat blogger.

Fals adalah kata dalam bahasa ingris (false) yang berarti palsu, salah,bohong, sumbang, tiruan, pendusta, tidak benar. Di musik kata fals pastilah yang di artikan "sumbang". Sumbang itu tidak selaras, tidak senada, tidak seirama.

Jadi, fals itu hanya sumbang (tidak selaras) nadanya tapi tidak bisa bisa di artikan salah.
  • Musik adalah dunia yang hampir tidak bisa memakai istilah salah di dalamnya.
    misal : salah genre, salah setting sound/ampli, dll.
  • Kesalahan hanya ada pada orangnya bukan musiknya
    misal : salah chord, salah petik, dll.
Kenapa saya berkata seperti itu karena musik memiliki istilah Cromatic. Dengan kata lain semua nada itu bisa di gunakan sesuka pemainnya tapi dengan syarat pemain lain harus menyelaraskan nadanya. Sudah jelaskan? fals bukan salah tapi tidak selaras atau sumbang. Seseorang tidak akan pernah fals dalam bermain musik jika saja teman mainnya bisa mengikuti nadanya.
  • Contoh : Saya main lead (melody) dan teman saya main rhythm, chordnya Em-C-G-D.
    Di tengah lagu teman saya tiba2 lupa kunci yang harusnya  "Em" malah jadi "E" (Major), sekilas bisa di pastikan akan terjadi fals bukan, tapi karena saya menyelaraskannya dengan menaikan nada dalam Scale awal (biar jadi E Major) fals itu akirnya tidak datang kepada kami walau musiknya jadi aneh.
Sekian penjelasan singkat dari saya dalam artikel "Apa itu Fals?" ini dan semoga bisa di pahami sobat-sobat yang membaca artikel ini. Sebelumnya saya mohon maaf jika tulisan saya tidak jelas atau susah untuk di pahami, saya hanya seorang blogger newbie yang ingin berbagi.

Jika anda punya pertanyaan atau pendapat silahkan isi saja kotak komentar.\m/.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar