Selasa, 15 November 2011

Amplifier (Tips Memilih dan Tipenya)

Setelah saya membahas tentang tips memilih efek gitar kali ini saya akan share tips memilih amplifier menurut jenisnya. Tips ini meliput penjelasan singkat tentang jenis amplifier dan tips dalam memilihnya sebelum anda memutuskan untuk membeli amplifier tersebut. Berikut penjelasannya...

Pada dasarnya jenis amplifier dibagi dalam 3 varian teknologi.

1. TRANSISTOR
Kalau mau mencari amplifier untuk practise di rumah, jenis ini sangat cocok. Selain harganya lebih murah, jenis ampli ini punya dimensi yang cukup beragam, mulai dari model head cabinet dengan 4 speaker ukuran 12 inch hingga ampli combo yang memiliki ukuran speaker paling kecil 8 inch. Keunggulan ampli jenis ini penggunaan teknologi transistor yang memungkinkan amplifier di buat dalam ukuran seragam.
kelemahannya ampli jenis ini adalah sifat transistornya yang tidak tahan terhadap panas menyebabkan performa amplifier akan menurun setelah dimainkan dalam jangka waktu tertentu.

2. TABUNG
Ampli jenis ini sangat tahan dalam jangka waktu yang lama. Ampli jenis ini sangat cocok untuk konser yg biasanya berdurasi hingga 3 jam atau lebih, bahkan untuk pemakaian studio rental hingga 18 jam per harinya. Jenis ampli ini beragam, mulai dari model head cabinet hingga model combo. Karakternya cukup unik, kita perlu "menghangatkan" tabungnya sebelum digunakan, agar performanya selalu dalam kondisi puncak. Bedanya dengan jenis transistor yang bisa langsung mencapai performa sejak awal dinyalakan.

3.HYBIRD ( SOLID - STATE )
Ampli jenis ini adalah ampli yang mempunyai 2 keunggulan teknologi, yaitu teknologi transistor yang bisa memberikan performa terbaik pada saat ampli mulai dinyalakan dan teknologi tabung yg mempunyai daya tahan lama. Ampli jenis ini memberikan kemudahan, sehingga kita tidak perlu menghangatkan ampli sebelum mengggunakannya dan tidak perlu khawatir dengan performanya walau sudah dipakai dalam jangka waktu yang lama. Model ampli jenis ini mulai dari head cabinet hingga combo.

intinya adalah...seorang musisi yang baik selalu ingin menghasilkan karya yang baik pula. Selain tehnik dan skill yang dimiliki seorang gitaris, properti seperti gitar, efek,dan sound sangat mendukung kualitas karya oleh sang gitaris. Namun terkadang keinginan yang begitu kuat tidak sejalan dengan kenyataan yang harus dihadapi
Jadi.....merek apapun yang dipilih, kita harus mengerti bahwa merek itu memang kita butuhkan untuk bermain musik.

Di kalangan gitaris, MEMBELI GITAR ,EFEK DAN AMPLIFIER ADALAH SEBUAH INVESTASI, JIKA KITA MEMILIH DENGAN TEPAT, BERARTI KITA TELAH MELAKUKAN INVESTASI YANG BENAR.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar