Selasa, 15 November 2011

Apasih Broken Cord itu?

Broken Cord adalah salah satu istilah dalam gitar yang belum familiar di telinga gitaris-gitaris terutama yang otodikak. Saya sendiri sempat berdiskusi di salah satu forum gitaris dan hasilnya masih kurang afdol juga.
Adapun isi dari pendapat saya di forum itu adalah :

Broken Cord adalah sebuar cord yang di pecah untuk kemudian di jadikan sebuah melody, dengan kata lain broken cord itu hampir atau sama dengan arpegio. Kita bisa saja meraba melody dengan memecah cord bukan?, ataupun sebaliknya. Hanya saja ada suatu pendapat lain yang menyebut broken cord adalah inversi. Inversi adalah berubahnya bentuk susunan cord standar, contohnya : jika cord standar berbentuk 1-2-3 maka bisa kita inversi menjadi 2-1-3 atau 3-1-2.

Sebenarnya pendapat saya tersebut mendapat titik terang karena banyak gitaris-gitaris yang menyebut broken cord itu sama seperti pendapat saya. Bahkan ada yang menyebut broken cord itu ya arpegio. Jadi apasih sebenarnya broken cord itu?. Saya tidak berfikir pendapat saya harus anda pegang, namun berdasarkan banyaknya gitaris yang senada dengan pandapat saya maka saya pikir pendapat saya tidaklah salah walaupun belum tentu kebenarannya.

(Up date : Sesuai dengan survey saya dengan para master gitar, benar bahwa broken cord adalah arpegio)

Jadi pendapat saya ternyata memang benar hehee...

Tidak ada komentar:

Posting Komentar