Kamis, 01 Desember 2011

Gitaris Harus Punya Karakter (Jadi Diri Sendiri)

Menjadi seorang gitaris sejati seharusnya punya sebuah karakter (jati diri) yang kokoh. Kenapa jadi diri sendiri itu sangatlah penting?, karena sebagai mahluk sosial orang mengenal sesamanya dengan melihat muka (biasanya) tapi akan lebih jelas jika orang tersebut memiliki karakter/kepribadian yang kuat bukan. Jadi, orang akan lebih cepat mengenal siapa anda. 

Karakter dalam pakaian misalnya, anda pasti setuju kalau saya bilang Slash adalah gitaris yang mempunyai karakter yang kuat. Dengan topi ala magician, rambut keriting menutupi muka dan cara dia mengenakan sabuk gitar yang panjangnya sampai lutut, gitarnya itu-itu saja dll. Dengan karakternya Slash bisa muncul dan lebih bersinar dari para kompetitornya berkat karakternya yang kuat, mungkin soal skill masih banyak yang lebih wah, tapi karakter yang kuat adalah hal yang tidak di miliki semua orang.

Karakter permainan, sound, penjiwaan dan masih banyak lagi kategori karakter yang dapat menjadikan seorang gitaris tampil beda dengan lainnya. Yngwie J Malmsteen, Paul Gilbert, Kirk Hammett, Joe Satriani, John Petrucci dan beberapa nama-nama gitaris dunia memiliki karakter permainannya sendiri seperti Yngwie dengan arpegionya dan Paul Gilbert dengan string skippingnya. 

Pelajarilah semua yang mungkin anda bisa pelajari tapi jangan sampai dengan varian teknik yang anda kuasai anda jadi terlihat tidak memiliki karakter. Contohnya Andy James, dia adalah gitaris yang hampir bisa menirukan semua lik dan gaya main gitaris lain. Ironisnya kita malah bingung dan karakter Andy James itu serasa berkurang atau tidak ada sama sekali jika saja kita tidak melihat wajah sang playernya. Sekali lagi saya tidak menganjurkan anda menjadi orang lain walaupun itu adalah idola anda, karena anda lebih berharga jika anda muncul sebagai diri anda sendiri.
 
Anda pasti mengenal Slash dengan pakaian seperti itu tapi jika saja Slash tiba-tiba memutuskan untuk meniru berpenampilan seperti Kirk Hammett karena alasan idola anda pasti tidak akan mengira bahwa itu adalah Slash yang telah lama kita kenal.

Sekian dari saya semoga tulisan saya yang tidak tau arah dan asalnya ini bisa membuka mata anda bahwa anda lebih berharga dan anda tidak kalah penting dengan mereka. salam \m/.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar