Jumat, 22 Juli 2011

Gitaris yang harus gagal


Ada dua orang pemuda yang ingin sekali menguasai gitar dan ingin menjadi salah satu gitaris dunia yang terkenal, impian mereka menemui titik terang ketika mereka menemukan seorang yang mau di jadikan guru gitar mereka.

Mereka pun memulai debutnya sebagai salah satu murid dari guru yang fenomenal waktu itu, ya murid2nya sudah banyak yang menjadi guru bagi dunia musik.

Awalnya mereka hanya merasa senang ketika mendapat sebuah pelajaran dari sang guru, namun salah seorang dari mereka mulai tak sabar ingin cepat jadi dewa gitar dan dia pun meminta kepada sang guru untuk memberikan pelajaran yang lebih keras dari sebelumnya.

Mendengar penuturan muridnya itu sang guru hanya sekilas tersenyum dan memalingkan pandangannya entah kemana.

Sang murid tadi menanyakan lagi usulnya itu kepada sang guru dan kali ini sang guru menjawab tapi sedikit "untuk apa kamu susah payah belajar gitar??? memangnya kamu benar2 mau memporsir latihanmu ???".sang murid bertanya "apa maksudnya guru??? saya benar2 ingin berlatih demi cita2 ku ini."

Sang guru yang melihat keseriusan muridnya itu akhirnya mau memberikan pelajaran yang di inginkan muridnya tersebut, "hey kamu" tanya sang guru kepada muridnya yang satunya....."ya guru" jawab sang muridnya itu. "Apakah kamu ingin belajar seperti temanmu itu???" tanya guru....kemudian sang murid terkesan pesimis dan menjawab "tidak guru, pelajaran yang ini saja belum saya kuasai dengan betul."....... baiklah kalo begitu kata sang guru.

3 Minggu kemudian kedua murid tersebut curhat tentang permainannya masing2.

Kamu dah sampai mana??? tanya murid yang belajar extra,,,dan sang murid yang "pesimis" menjawab masih kaya biasa aja tapi lumayan dah gak terlalu kaku kaya pertama, kalo kamu??? di jawabnya pertanyaan itu dengan semangat....ya namanya juga belajar ya kaya gitu deh dari hahahaa....kata sang murid extra tersebut dengan tawanya yang khas.

4 tahun telah berlalu mereka belum juga di nyatakan lulus oleh sang guru, dan sang murid extra mengajukan sebuah pertanyaan lagi..."guru, menurut guru kami ini berbakat apa tidak??? ko dah 4 tahun masih belum juga lulus sedangkan yang lain cuman 2-3 tahun dah lulus. Apakah kita akan berhasil dan sukses di masa depan guru???". Sang guru menjawab dengan lantang "kalian bukan salah satu murid terbaikku,,,dan guru rasa kalian tidak akan pernah berhasil dalam musik".

Mendengar penuturan gurunya yang sangat serius tersebut sang murid extra mulai pesimis dengan dirinya sedangkan yang satunya hanya terdiam dan sedikit tersenyum malu.

Akhirnya sang murid extra memutuskan untuk keluar dan ingin mencari guru lain yang menurutnya dapat menjadikannya gitaris dunia..

Dua tahun kemudian,,,,,kedua murid tersebut bertemu kembali dengan posisi yang kontras....sang murid extra hanya menjadi penonton acara festival gitar terkejut ketika melihat perform teman seangkatannya waktu berguru,,,,seorang yang di katakan gurunya sendiri tak akan pernah bisa menjadi seorang real gitaris mendapat gelar juara satu dan di orbitkan menjadi gitaris nasional.

Di sela2 kesedihannya, sang mantan guru pun tiba2 menepuk pundak bekas muridnya tersebut.

Tanpa menunjukan hormatnya sebagai mantan murid dia mengeraskan suaranya kepada seorang guru yang memvonis bahwa mereka tidak akan pernah berhasil dalam gitar. "Lihat guru, dia kok bisa kaya gini kenapa guru dulu berkata kami tidak berbakat??? kalo begini aku menyesal berguru padamu" kata sang mantan murid extra tersebut. Sang guru kembali berbicara dengan lantang "kamu adalah gitaris yang harus gagal, karena hanya karena mendengar penuturan seseorang kemudian kamu menyerah begitu saja tanpa berusaha memperbaiki latihanmu, gurumu yang sebenarnya adalah dirimu sendiri bukan saya ataupun orang lain...bila ingin menjadi gitaris kamu harus berguru pada dirimu sendiri...saya hanya pendukung saja.

Demikian cerpen tentang gitaris yang harus gagal semoga kita bisa mengambil hikmahnya...Amin !!!

Pada dasarnya segala sesuatu itu harus sabar dan pantang menyerah bukan...??? jadi ceritanya abis dah :P

cerita ini referensi dari temen2 gitar ID...............salam rocker \m/.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar